Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Nasihat Imam Syafii untuk Perempuan Muslimah

Abu Abdullah Muhammad bin Idris asy-Syafi'i al-Muththalibi al-Qurasyi tau singkatnya Imam Asy-Syafi'i adalah seorang mufti besar Sunni Islam dan juga pendiri mazhab Syafi'i. Imam Syafi'i juga tergolong kerabat dari Rasulullah, ia termasuk dalam Bani Muththalib, yaitu keturunan dari al-Muththalib, saudara dari Hasyim, yang merupakan kakek Muhammad.  

P: Apa nasihat Imam Sya'rawi kepada para pemudi muslimah?

J: Sebaiknya nasihat yang saya cujukan bagi para pemudi muslimah adalah beberapa wasiat yang disampaikan oJeh Ummu Iyas bagi putri-pucrinya. 

Wasiat-wasiat tersebut berbunyi: "Putri-putriku, ketahuilah! Ketika seorang perempuan merasa tidak perlu menikah karena keluarganya berkecukupan, niscaya engkau tidak perlu menikah. Akan tetapi seorang perempuan telah diciptakan untuk laki-laki. Sebagaimana j uga laki-laki yang diciptakan khusus untuk kaum perempuan.

Wahai putri-putriku, pelihara dan jagalah beberapa sifat yang akan menjadi  bekal kalian nanti.
Inilah Nasihat Imam Syafii untuk Perempuan Muslimah
Pertama dan kedua: Berikanlah suamimu kepuasan lahir dan batin.  Dengarkanlah semua perintahnya dengan taat.

Ketiga dan keempat: Jagalah penciuman dan penglihatannya. Maka jangan sampai kedua matanya melihat hal-hal yang tidak pantas dan hidungnya mencium hal-hal yang buruk.

Kelima dan keenam: Usahakanlah agar ia terlelap dalam tidurnya dan menikmati waktu makannya, karena orang yang sedang lapar cenderung akan cepat terbakar dan orang yang kekurangan tidur akan cepat marah.

Ketnjuh dan kedelapan: Menjaga harta dan keluarganya dengan baik.

Kesembilan dan kesepuluh: Jangan sampai kalian membantah satu pun perintahnya (selama masih dalam kebaikan) atau menyebarkan rahasianya, karena seandainya kalian membantahnya pastilah hatinya akan dirasuki api kemarahan.

Posting Komentar untuk "Inilah Nasihat Imam Syafii untuk Perempuan Muslimah"