Belajar Tajwid - Kitab Syair Nadzom Syifaul Jinan
Niat Ngaji - Belajar Tajwid menggunakan Syifaul Jinan, sangat terasa ringan. Materi-materi Tajwid yang untuk sebagian anak-anak begitu berat, namun dengan menggunakan kitab Syifaul Jinan/ Hidayatushibyan ini menjadi begitu menyenangkan. Hal ini saya rasakan sendiri ketika saya belajat kepada Alm. H. Alwi Mahmud Kesugihan Kidul.
Baiklah, sebelum kita mulai untuk belajar Tajwid dengan lebih mendalam menggunakan Kitab Syifaul Jinan, ada baiknya kita melihat atau memahami Muqaddimah atau pendahuluan kitab ini.
Sebagaimana kitab-kitab atau buku-buku pada umumnya, Syifaul Jinan juga memiliki Muqaddimah atau halaman pendahuluan, isinya biasanya berupa Pujian, shalawat Nabi, doa dan harapan untuk siapa saja yang belajar menggunakan kitab tersebut.
Kitab Syifaul Jinan ini cukup ringkas. Tidak banyak Bab pembahasannya, namun komplit untuk membahas seluruh kaidah-kaidah materi pembelajaran tajwid.
Materi dalam Syifaul Jinan ini disajikan dalam bentuk syair atau bait-bait yang mudah dihafalkan. Tidak heran jika kitab ini salah satu kitab yang sering ditampilkan santri dalam acara-acara pondok pesantren seperti acara akhirussanah.
Baiklah, berikut ini adalah Bagian Muqaddimah atau Pendahuluan dari Kitab Syifaul Jinan.
Baiklah, sebelum kita mulai untuk belajar Tajwid dengan lebih mendalam menggunakan Kitab Syifaul Jinan, ada baiknya kita melihat atau memahami Muqaddimah atau pendahuluan kitab ini.
Sebagaimana kitab-kitab atau buku-buku pada umumnya, Syifaul Jinan juga memiliki Muqaddimah atau halaman pendahuluan, isinya biasanya berupa Pujian, shalawat Nabi, doa dan harapan untuk siapa saja yang belajar menggunakan kitab tersebut.
Kitab Syifaul Jinan ini cukup ringkas. Tidak banyak Bab pembahasannya, namun komplit untuk membahas seluruh kaidah-kaidah materi pembelajaran tajwid.
Materi dalam Syifaul Jinan ini disajikan dalam bentuk syair atau bait-bait yang mudah dihafalkan. Tidak heran jika kitab ini salah satu kitab yang sering ditampilkan santri dalam acara-acara pondok pesantren seperti acara akhirussanah.
Baiklah, berikut ini adalah Bagian Muqaddimah atau Pendahuluan dari Kitab Syifaul Jinan.
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
اَلْحَمْدُ لِلهِ وَ صَلّٰى رَبُّنَا * عَلَى النَّبِيِّ الْمُصْطَفٰى حَبِيْبِنَا
Sebagai ungkapan rasa syukur penulis, kalimat yang pertama adalah sebuah kalimat pujian kepada Allah, alhamdulillah, lalu dilanjutkan dengan bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW, Kekasih kita.
وَاٰلِه وَصَحْبِه وَمَنْ قَرَا * وَهَاكَ فِى التَّجْوِيْدِ نَظْمًا حُرِّرَا
Disamping memanjatkan doa/ shalawat kepada Nabi, dalam pendahuluan, shalawat juga disampaikan kepada keluarga, sahabat dan juga orang-orang yang membaca al-Quran dengan baik. Dan dijelaskan bahwa dalam buku tajwid ini, Syifaul Jinan, terdapat syair-syair yang disusun secara selaras, secara bait perbait sehingga mudah untuk dihafalkan bagi orang yang hendak belajar.
سَمَّيْتُهُ هِدَايَةَ الصِّبْيَانِ * أَرْجُو اِلٰهِى غاَيَةَ الرِّضْوَانِ
Saya (Penulis Kitab - alm. Syaikh Sa'iid bin Sa'iid) memberi nama kitab tajwid ini dengan nama "Hidayatus Shibyan" yang memiliki arti Petunjuk bagi anak-anak. Dengan memberi nama kitab ini dengan sebutan "Hidayatus Shibyan" sang penulis mengharapkan sekali akan ridlo dari Allah Swt.
Selnjutnya, inilah isi dari kitab Nadzom Syair Syifaul Jinan.
(أَحْكَامُ
تَنْوِيْنٍ وَنُوْنٍ تَسْكُنُ * عِنْدَ الْهِجَاءِ خَمْسَةٌ تُبَيَّنُ)
(اِظْهَارُ
ادْغَامٌ مَعَ الْغُنَّةِ أَوْ * بِغَيْرِهَا وَالْقَلْبُ وَالْاِخْفَا رَوَوْا)
(فَاظْهِرْ
لَدٰى هَمْزٍ وَهَاءٍ حَاءِ * وَالْعَيْنِ ثُمَّ الْغَيْنِ ثُمَّ الْخَاءِ)
(وَادْغِمْ
بِغُنَّةٍ بِيَنْمُوْ لَا اِذَا * كَانَا بِكِلْمَةٍ كَدُ نْيَا فَانْبِذَا)
(وَادْغِمِ
بِلَا غُنَّةٍ فِي لَامِ وَرَا *وَالْقَلْبُ
عِنْدَ الْبَاءِ مِيْمًا ذُ كِرَا)
(صِفْ ذَاثَنَاكَمْ
جَادَ شَخْصٌ قَدْ سَمَا*دُمْ طَيِّبًازِدْفِى تُقًى ضَعْ ظَالِمَا)
(وَغُنَّةٌ قَدْ أَوْجَبُوْهَا أَبَدَا * فِى الْمِيْمْ وَالنُّوْنِ اِذَامَاشُدِّدَا)
(وَالْمِيْمُ
اِنْ تَسْكُنْ لَدَى الْبَاتُخْتَفِى * نَحْوُاعْتَصِمْ بِاللهِ تَلْقَ الشَّرَفَا)
(وَادْغِمْ
مَعَ الْغُنَّةِ عِنْدَ مِثْلِهَا *وَاظْهِرْ
لَدٰى بَاقِى الْحُرُوْفِ كُلِّهَا)
(وَاحْرِصْ
عَلَى الْاِظْهَارِعِنْدَالْفَاءِ * وَالْوَاوِ وَاحْذَرْدَاعِىَ الْاِخْفَاءِ)
(اِدْغَامُ
كُلِّ سَاكِنٍ قَدْوَجَبَا * فِى مِثْلِه كَقَوْلِه اِذْذَهَبَا)
(وَقِسْ عَلَى
هٰذَا سِوٰى وَاوٍتَلٰى * ضَمًّاوَيَاءٍبَعْدَكَسْرٍيُجْتَلٰى)
(مِنْ
نَحْوِ فِى يَوْمٍ لِيَاءٍ اَظْهَرُوا * وَالْوَاوِ مِنْ نَحْوِاصْبِرُوا وَصَابِرُوا)
(وَالتَّاءُ
فِى دَالٍ وَطَاءٍ اَثْبَتُوا * اِدْغَا مَهَا نَحْوُ اُجِيْبَتْ دَعْوَةُ)
(وَاٰمَنَتْ
طٰائِفَةٌ وَاَدْغَمُوْا * اَلذَّالَ فِى الظَّاءِ بِنَحْوِ اذْظَلَمُوا)
(وَالدَّالَ
فِى التَّاءِ بِلاَ امْتِرَاءِ وَلَامَ هَلْ
وَبَلْ وَقُلْ فِى لرَّاءْ)
(مِثْلُ
لَقَدْ تَابَ وَقُلْ رَبِّ احْكِمُ * وَالْكُلُّ جَاءَ بِاتِّفَاقٍ فَاعْلَمِ)
وَاَظْهِرَنَّ
لَامَ تَعْرِيْفٍ لَدٰى * اَرْبَعَةٍ مِنْ بَعْدِ عَشْرٍ تُوْجَدَا)
(فِى
اَبْغِ حَجَّكَ وَخَفْ عَقِيَمَةْ *وَفِى
سِوَاهَا مِنْ حُرُوْفِ اَدْغِمَهْ)
(طِبْ ثُمَّ
صِلْ رَحْمًا تَفُزْضِفْ ذَانِعَمْ * دَعْ سُوْءَظَنِّ زُرْشَرِيْفًا لِلْكَرَمْ)
(وَلَامَ
فِعْلٍ اَظْهِرَنْهَا مُطْلَقَا * فِيْمَا سِوٰى لَامٍ وَرَاءٍ كَالْتَقٰى)
(وَالْتَمِسُوا
وَقُلْ نَعَمْ وَقُلْنَا *وَاظْهِرْلِحَرْفِ
الْحَلْقِ كَاصْفَحْ عَنَّا)
(مَالَمْ
يَكُنْ مَعْ مِثْلِه وَلْيُدْغَمَا * فِى مِثْلِه حَتْمًا كَمَا تَقَدَّ مَا)
(وَاَحْرُفُ التَّفْخِيْمِ سَبْعٌ تُحْصَرُ * فِى خُصَّ ضَغْطٍ قِظْ بِغُلْوٍ تُشْهَرُ)
(قَلْقَلَةٌ
يَجْمَعُهَا قَطْبُ جَدِ * بَيِّنْ لَدٰى وَقْفٍ وَسَكْنٍ تُرْشَدِ)
(وَاَحْرُفُ
الْمَدِّ ثَلَاثٌ تُوْصَفُ * اَلْوَاوُ ثُمَّ الْيَاءُ ثُمَّ الْاَلِفُ)
(وَشَرْطُهَا
اسْكَانُ وَاوٍ بَعْدَ ضَمْ * وَسَكْنُ يَاٍء بَعْدَ كِسْرٍ مُلْتَزَمْ)
(وَاَلِفٌ
مِنْ بَعْدِ فَتْحٍ وَقَعَا * وَلَفْظُ نُوْحِيْهَا لِكُلٍّ جَمَعَا)
(فَانْ فَقَدْتَ
بَعْدَ حَرْفِهِ السُّكُوْنُ * وَالْهَمْزَ فَالْمَدُّ طَبِيْعِىٌّ يَكُوْنُ)
(وَاِنْ
تَلَاهُ الْهَمْزُ فِى كَلِمَتِهْ * فَوَاجِبٌ مُتَّصِلٌ كَجَاءَتِهْ)
(وَاِنْ تَلَاهُ
وَبِاُخْرَى اتَّصَلَا * فَجَائِزٌ مُنْفَصِلٌ كَلاَ اِلٰى)
(وَاِنْ يَكُنْ
مَا بَعْدَهُ مُشَدَّدَا * فَلَازِمٌ مُطَوَّلٌ كَحَادَّ)
(كَذَاكَ
كُلُّ سَاكِنٍ تَاءَصَّلاَ * مُخَفَّفًا يَكُوْنُ اَوْمُثَقَّلًا)
(وَمِنْهُ
مَا يَاءْتِى فَوَاتِحَ السُّوَرْ * وَفِى ثَمَانٍ مِنْ حُرُوْفِهَا ظَهَرْ)
(فِى كَمْ
عَسَلْ نَقَصَ حَصْرُهَاعُرِفْ *وَمَا
سِوَاهَا فَطَبِيْعِى لَاالْاَ لِفْ)
(وَاِنْ يَكُنُ
قَدْ عَرَضَ السُّكُوْنُ * وَقْفًا فَعَارِضٌ كَنَسْتَعِيْنُ)
(وَاخْتِمْ
بِحَمْدِاللهِ وَالصَّلاَةِ * عَلَى النَّبِىِّ طَيِّبِا لصِّفَاتِ)
(وَالْا
اَلِ وَالصَّحْبِ مَعَ السَّلَامِ * اَبْيَا تُهَا اَرْبَعُوْنَ باِلتَّمَامِ)
Posting Komentar untuk "Belajar Tajwid - Kitab Syair Nadzom Syifaul Jinan"