Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Busana seperti apa yang harus dikenakan oleh kaum perempuan? Apakah memakai penutup wajah hukumnya fardhu?

Penutup Kepala (Busana Perempuan)
P : Busana seperti apa yang harus dikenakan oleh kaum perempuan? Apakah memakai penutup wajah hukumnya fardhu?
J : Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh seorang perempuan dalam berbusana adalah :
a.    Tidak terbuka (tembus pandang)
b.    Tidak ketat (sehingga membentuk lekuk tubuh)
c.    Tidak mencolok
Kita terkadang banyak menemukan pakaian panjang. Akan tetapi, pakaian tersebut terlihat sempit sehingga mempertontonkan seluruh bagian dan lekukan tubuh. Dalam syarat diatas diharuskan tidak mencolok, mengapa? Karena, masih banyak pemuda-pemudi Islam yang memakai kerudung untuk menutupi kepalanya.

Akan tetapi, mereka meletakkan hiasan di atas kepalanya yang akan lebih menyebarkan fitnah bagi dirinya. Maka patuhilah ketiga syarat diatas, yaitu tidak terbuka, tidak ketat dan tidak mencolok, sehingga tidak ada yang terlihat dari dirinya kecuali wajah dan telapak tangan.

Sekarang, kita beralih ke penutup wajah (An Niqab). Menurut saya, agama tidak mewajibkan seorang perempuan muslimah untuk mempergunakan penutup wajah. Juga tidak melarangnya seandainya ada yang hendak mempergunakannya.

Oleh karena itu, bagi orang-orang yang tidak setuju dengan mereka yang mempergunakannya, mereka tidak pantas untuk menolaknya. Perempuan itu hanya ingin menutup wajahnya, ada apa dengan Anda dan apa urusannya sampai hendak mengusik dan mengkritiknya? Mengapa Anda tidak mengurusi orang-orang yang memperindah dan menghias dirinya secara berlebihan? Mengapa Anda memojokkan orang-orang yang berusaha untuk menutup wajahnya dan membiarkan perempuan-perempuan yang berlaku tidak wajar tersebut? Malah, mereka mereka mengetahui bahwa mereka telah menghalalkan perbuatan tersebut. Bahkan, tidak hanya itu, budaya buruk tersebut masuk dan melekat di dunia kita dengan bebas.

Sebagai contoh kasus, pada suatu hari saya menghadiri perayaan yang diadakan oleh salah satu lembaga olahraga. Saya melihat 2 orang laki-laki yang mempergunakan celana panjang, sedangkan anak-anak perempuan memakai busana yang berbentuk kupu-kupu.

Apakah benar ini busana yang dipergunakan dalam olahraga? Berbagai masalah yang muncul ke permukaan telah diketahui dan disadari, yang menjadi permasalahannya adalah siapa yang akan peduli?

Sebenarnya, semuanya ini adalah taktik dan strategi yang dilancarkan oleh Yahudi. Seandainya kalian dapat melihat para pemimpin tertinggi pemerintahan zionis, maka kalian akan mendapatkan bahwa seluruh permusuhan ini termasuk dalam strategi mereka guna menghancurkan kaum muslimin.

Adapun para pelajar yang memakai penutup wajah, mengapa mereka selalu diselidiki identitasnya ketika hendak memasuki pintu gerbang universitas atau ketika ujian misalnya. Mengapa mereka harus menerima perlakuan yang tidak mengenakkan dan memojokkan?

Karena memakai penutup wajah tidak mewajibkan juga tidak dilarang, maka tidak ada satu pun orang yang berhak untuk memojokkan yang memakai cadar tadi sebagai individu muslimah yang memiliki kebebasan.

Anehnya, banyak sekali kaum perempuan yang mengadu kepada saya bahwa para suami mereka telah melarang istri-istrinya tersebut untuk memakai kerudung.

Sesuatu yang sangat aneh! Seorang istri berkata kepada suaminya : “Saya tidak ingin seorang pun melihat saya selain dirimu.”

Akan tetapi suami berkata kepada istrinya : “Malah, aku ingin orang lain juga dapat melihat kecantikanmu.”

Dan suami ingin istrinya terus dipertontonkan kepada orang-orang. Bahkan, ada sebagian ibu-ibu yang maaf-maaf saja melarang putra-putrinya untuk memakai kerudung. Karena mereka merasa riskan ketika putra-putrinya telah memakai kerudung, dirinya sendiri masih bertingkah laku yang tidak pantas. Sangat aneh sekali!

Posting Komentar untuk "Busana seperti apa yang harus dikenakan oleh kaum perempuan? Apakah memakai penutup wajah hukumnya fardhu?"