Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Saja Syarat-syarat Busana Muslimah?

Syarat-syarat Busana Muslimah

P : Apa saja syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk membuat sebuah busana muslim? Manakah yang harus didahulukan, memakai busana muslim atau mengetahui pengetahuan agama dan merealisasikannya terlebih dahulu?
J : Kita harus mengetahui bahwa segala perbuatan yang kita lakukan sebagai bagian dari ketaatan kepada Alloh dan semuanya pasti akan mendapat pahala. Seandainya perbuatan tersebut tidak kita lakukan, maka kita akan kehilangan pahalanya. Semua perbuatan maksiat yang kita lakukan akan dibalas dengan ganjaran dosa. Perlu diingat bahwa Alloh tidak akan menghitung amal perbuatan kita dalam satu waktu sekaligus. Maka, perintah-perintah agama akan dihitung satu per satu dan salah satunya adalah bagaimana cara kita dalam mempergunakan busana muslim.

Adapun syarat-syarat yang harus ada dalam busana muslim adalah sebagai berikut :

a. Dapat menutupi seluruh anggota badan selain yang telah dikecualikan oleh agama, seperti wajah dan telapak tangan.
b. Jangan dijadikan sebagai sarana untuk menghias tubuhnya.
c. Busana tersebut harus tebal dan tidak tipis.
d. Seharusnya, busana yang akan dikenakan tadi lebar dan tidak sempit.
e. Jangan sampai mempergunakan parfum atau pewangi pada busana yang akan dikenakan tersebut.
f. Busana tersebut jangan sampai menyerupai pakaian pria.
g. Busana tersebut jangan menyerupai busana yang sering dipergunakan oleh perempuan-perempuan kafir.
h. Jangan sampai busana yang dikenakannya dijadikan alat untuk mencari popularitas.

H.R. Bukhari (hadis ke-5090), dari Abu Hurairah ra. dari Nabi Muhammad SAW, ia berkata : “Seorang perempuan dinikahi karena empat perkara : karena kecantikannya, kekayaannya, nasabnya, dan agamanya. Maka, pilihlah yang lebih kuat agamanya, niscaya kamu akan beruntung.”

Hal tersebut sesuai dengan firman Alloh SWT : “Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin : Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Alloh adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Al-Ahzaab :59)

Posting Komentar untuk "Apa Saja Syarat-syarat Busana Muslimah?"