Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pondok Pesantren Al Ihya Ulumaddin Kesugihan Cilacap

Pondok pesantren Al Ihya Ulumaddin Kesugihan Cilacap tepatnya di Desa Kesugihan Kidul kecamatan Kasugihan.  Kabupaten  Cilacap dengan areal tanah seluas 4 Ha.

Kehadirandiran pondok pesantren Al Ihya Ulumaddin Kesugihan Cilacap dilandasi dengan semangat keagamaan, untuk berdakwah serta mencerdaskan kehidupan bangsa yang ditindas oleh penjajahan Belanda. 

Tepatnya, 24 November  1925 /1344 H, seorang tokoh ulama  KH Badawi Hanafi mendirikan pondok pesantren Al Ihya Ulumaddin Kesugihan Cilacap di Desa Kasugihan.

Ia  memanfaatkan mushalla peninggalan ayahnya H. Fadhil, untuk mengawali perintisan pesantren. Musala atau langgar  tersebut dikenal dengan nama "Langgar Duwur".

Pada awalnya, pondok pesantren Al Ihya Ulumaddin Kesugihan Cilacap dikenal dengan  nama  Pondok  Presantren Kesugihan. Pada tahun 1961 pondok pesantren berubah nama menjadi Pendidrkan dan Pengajaran Agama lslam PPAI. Dan pada 'tahun'l983Jlembali berubah nama menjadi Pondok  Pesaritren Al-Ihya  Ulumaddin. Perubahan nama dilakukan oleh HH MustoIih Badawi. putra KH Badawi  Hanafi. Perubahan nama itu dilakukan untuk mengenang almarhum ayahnya yang sangat mengagumi pemikiran AI-Ghazali tentang pembaharuan Islam.

Pondok Pesantren Al Ihya Ulumaddin Kesugihan Cilacap
Al Ihya Ulumaddin Kesugihan Cilacap secara ekonomis berada di wilayah masyarakat plural. Mereka terdiri dari nelayan pedagang, petani, wiraswasta dan pegawai negeri.

Dari segi geografis. lokasi pesantren dekat  dengan pusat kota. Kondisi demikian tentu banyak mempengaruhi proses perubahan  sosial di da!am tubuh  pesantren. Meskipun mereka  tetap berusaha untuk menjaga dan mempertahankan tradisi keagamaan yang mempunyai nilai-nilai Iuhur. Ftseimba- ngan itu bisa tercipta. karena masih adanya pengaruh kharismatik para kyai di wilayah Kasugihan vang dikenal dengan "kota santri".

Melihat letak geografis semacam itu, maka Pondok Pesantren Al Ihya Ulumaddin Kesugihan Cilacap dalam ikut mengembangkan masyarakat sekitar, lebih banyak menggunakan pendekatan agraris dan kelautan. Hal ini tentu. agar kehadiran pesantren  bisa lebih optimal dalam memaink'an peranan sebagai agen pembangunan.
Pondok Pesantren Al Ihya Ulumaddin Kesugihan Cilacap
KH. Mustolih Badawi wafat pada tahun 1998.  Kepemimpinan pondok presantren Kesugihan Cilacap diteruskan oleh adiknya yaitu KH. Chasbullah Badawi dan putranya. KH. Imdadurrahman Al Ubudi serta keluarganya. Mereka tergabung dalam " Dewan Pelaksana Kiyai"

Secara lenglap Pengasuh Pondok Pesantren Al-Ihya  Ulumaddin Kesugihan Cilacap sebagai berikut:

Pengasuh dan pimpinan pondok :    KH. Chasbullah Badaxm
Pimpinan pelaksana harian :    KH. Muhammad Suhud Muhson
Dewan asatidz asatidzah :
a. Dewan asatidz bidang kepesantrenan    75 orang
b. Dewan asatidz kemadrasahan 52 orang
C.Dewan asatidz madrasah diniyah 31 orang.

Kegiatan Pendidikan Pondok Pesantren Al Ihya Ulumaddin Kesugihan Cilacap

Pondok Pesantren Al Ihya Ulumaddin Kesugihan Cilacap
Sebagaimana   umumnva pondok pesantren. Al-Ihva Ulumaddin memiliki ciri khas sebagai pesantren salafivah. Pesantren ini mevvajibkan kepada santrinya untuk mempelajari kitab-kitab kuning. Namun demikian. pesantren ini juga menyelengga- rakan pendidik'an formal baik yang mengacu pada kurik'ulum Departemen Agama maupun DeDartemen Pendidikan Nasional.
Pesantren Al-Ih\'a Ulumaddin menye- lenggarakan pendidikan formal sebagai berikut:
1. Taman kanak-kanak dengan jumlah siswa75 dan 4   guru.
2. Madrasah lbtidaiyah. 450 siswa dengan guru 10 orang.
3. SLTP, 975 sisvm dengan lumlah guru 33 dan TU.
4. MTs. 320 sisvva  dengan jumlah guru 24 orang.
5. SMU, 645 sisxna dengan guru 27 orang.
6. Madrasah Aliyah. 374 siswa dengan guru 25 orang.
7. Institut Islam Al-Ghazali. 450 mahasiswa.

Pesantren Al Ihya Ulumaddin Kesugihan Cilacap juga menyelenggarakan pendidikan non formal sebagai berikut:
1.  Madrasah Diniyah dengan jumlah siswa 350 orang
2.  Majelis taklim yang terdiri dari:
Pengajian Kliwonan lima hari sekali
Pengajian Selasaan setiap satu minggu sekali 1 -  
Pengajian Jumat Kliwonan setiap selapan sekali.

Pondok Pesantren Al-Ihya Ulumaddin menyiaplan dan membelali santrinya tidak saja dengan ilmu-ilmu agama saja , tetapi juga keterampilan yang berguna bagi pengem- bangan masyarakat. Hal ini  untul menepis anggapan bahvoa santri bisanya han pengajian dan berdoa saja. Dengan pendidilan ketrampilan, pesantren menviapkan santri agar kelal, apabila lembali ke masyarakat siap mempelopori bidang-bidang  pembangu- nan lainn\m. Adapun keterampilan yang diberilan meliputi : pelatihan manajemen koperasi. jahit menjahit  santri xvanita , pertu- Iangan. perbenglelan.  mengulir.  mana- jemen pertanian dan kewirausahaan

Pemberdayaa Pondok Pesantren Al Ihya Ulumaddin Kesugihan Cilacap

Sebagai agen pembangunan, Pesantren tak hanya asyik dengan dirinya sendiri. Sebagai komonitas yang menyatu dengan masyarakat, tak jarang mereka tampil ke depan untuk mempelopori berbagai bentuk kegiatan pemberdavaan masyarakat sekitarnya. Begitu pula  Pondok Pesancren Al-Ihya Ulumaddin.  Sebagai Iembaga pendidikan, pesantren ini tidak hanya peduli terhadap masalah agama saja, tetapi juga terhadap masalah-masalah kemasyarakatan. Adapun bentuk pemberdayaan yang dilaksanakan oleh pondok pesantren di bidang ekonomi meliputi:
  1. Koppontren Al-Ihya sebagai pusat pengembangan  perekonomian pesantren  yang  menyediakan kebutuhan sehari-hari santri. 
  2. Simpan pinjam. 
  3. Lahan pertanian seluas 7.5 Ha sebagai lahan pertanian santri. 
  4. Unit pembuatan kapal nelayan untuk melayani kebutuhan nelayan Cilacap. 
  5. Mini Market. 
  6. Unit Persewaaan Al-ihya
Kegiatan perekonomian itu  juga melibatkan masyarakat setempat. Kegiatan yang dilakukan oleh Pesantren tidak hanya untuk santri melainkan juga masyarakat luas. Pesantren juga membuat kelompok tani sebagai kelompok binaan  dengan nama "Kelompok Tani lttihad "  yang  tersebar di 7 desa.

Kegiatan perekonomian itu  juga melibatkan masyarakat setempat. Kegiatan yang dliakukan oleh Pesantren tidak hanya untuk santri melainkan juga masyarakat luas. Pesantren juga membuat kelompok tani sebagai kelompok binaan dengan nama "Helompok Tani lttihad "  yang  tersebar di 7 desa .

Dalam bidang pengembangan masyarakat,  pondok pesantren Al Ihya Ulumaddin Kesugihan Cilacap mengembangkan beberapa lembaga:
1. Pembinaan dan pengeloiaan Pusat Informasi Pesantren  PIPI
2. Penerbitan buletin berkala "AI-Ihya"
3. Membina dan mengelola majalah dinding untuk santri
4. Membentuk "Forum kajian Ilmiah keagamaan dan Sosial kemasyarakatan" bagi sarjana muslim dan kiai muda.
5.  Bekerjasama dengan pondok pesantren se-Kesugihan mendirikan "Pusat Informasi Keluarga Maslahah" dengan aktivitasnya antara lain:
a.  Konsultasi keluarga sakinah
b.  Pelayanan ibu hamil
c.  Pelayanan gizi anak balita
d.  Pelayanan kesehatan poliklinik.

Disadur dari sumber: Buku Direktori Pondok Pesantren Kementerian Agama.

Posting Komentar untuk "Pondok Pesantren Al Ihya Ulumaddin Kesugihan Cilacap"