Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Cepat Hukum Bacaan Idgham Mitslain atau Idgham Mimi Lengkap Dengan Contoh

Pengertian Hukum Bacaan Idgham Mitslain atau Idgham Mimi

Idgham Mitslain atau Idgham Mimi atau Hukum Bacaan Idghom mitsli adalah hukum bacaan tajwid yang terjadi apabila ada Mim Sukun ( مْ ) bertemu/ diikuti Mim yang memiliki harakat [ مَ  مِ , مُ ].

Bacaan ini disebut dengan Mitslain karena adanya pertemuan dua huruf hijaiyah yang memiliki makhraj dan sifat yang sama persis [identik], tetapi khusus bagi huruf hijaiyah Mim Sukun yang ketemu huruf Mim yang mempunyai harakat.
Hukum Bacaan Idghom Mitslii hukum bacaan idghom mitsli idgham mitslain bilaghunnah mutamatsilain dan contohnya tidak berlaku apabila dalam surah al baqarah huruf ada bighunnah bigunnah cara membacanya adalah terdapat pada nomor mutajanisain contoh quran
Dan disebut Idgham Mimi karena bacaan ini melibatkan dua huruf miim yang saling berjajar dengan harakat pada miim pertama adalah sukun (miim mati) dan harakat pada miim yang ke dua adalah harakat hidup.

Bagaimana Cara Membaca Hukum Bacaan Idgham Mitslain atau Idgham Mimi

Sebagaimana dengan namanya, yaitu idghom, maka cara membacanya adalah dengan cara memasukkan huruf yang pertama ke huruf yang kedua.

Dalam hal ini adalah huruf miim mati yang pertama di masukkan ke miim yang ke dua dengan disertai dengung.

Contoh Hukum Bacaan Idgham Mitslain atau Idgham Mimi


لَهُمْ مَايَتَقُوْنَ
Membacanya:
لَهُمَّايَتَقُوْنَ

Jadi seolah-olah, miim hanya ada satu, dan di baca mendengung.

رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ


Membacanya:


رَبِّهِمِّنْ كُلِّ

 Contoh-contoh Hukum Bacaan Idgham Mitslain atau Idgham Mimi dalam Al-Quran
QS. Al-Baqarah


فِي قُلُوبِهِمْ مَرَضٌ فَزَادَهُمُ اللَّهُ مَرَضًا وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ بِمَا كَانُوا يَكْذِبُونَ (١٠)

فِي آذَانِهِمْ مِنَ الصَّوَاعِقِ حَذَرَ الْمَوْتِ وَاللَّهُ مُحِيطٌ بِالْكَافِرِينَ (١٩)

يَكَادُ الْبَرْقُ يَخْطَفُ أَبْصَارَهُمْ كُلَّمَا أَضَاءَ لَهُمْ مَشَوْا فِيهِ وَإِذَا أَظْلَمَ عَلَيْهِمْ قَامُوا وَلَوْ شَاءَ اللَّهُ لَذَهَبَ بِسَمْعِهِمْ وَأَبْصَارِهِمْ إِنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ (٢٠)

وَإِنْ كُنْتُمْ فِي رَيْبٍ مِمَّا نَزَّلْنَا عَلَى عَبْدِنَا فَأْتُوا بِسُورَةٍ مِنْ مِثْلِهِ وَادْعُوا شُهَدَاءَكُمْ مِنْ دُونِ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ (٢٣)

هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُمْ مَا فِي الأرْضِ جَمِيعًا ثُمَّ اسْتَوَى إِلَى السَّمَاءِ فَسَوَّاهُنَّ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ (٢٩)

قُلْنَا اهْبِطُوا مِنْهَا جَمِيعًا فَإِمَّا يَأْتِيَنَّكُمْ مِنِّي هُدًى فَمَنْ تَبِعَ هُدَايَ فَلا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلا هُمْ يَحْزَنُونَ (٣٨)

الَّذِينَ يَظُنُّونَ أَنَّهُمْ مُلاقُو رَبِّهِمْ وَأَنَّهُمْ إِلَيْهِ رَاجِعُونَ (٤٦)

وَإِذْ نَجَّيْنَاكُمْ مِنْ آلِ فِرْعَوْنَ يَسُومُونَكُمْ سُوءَ الْعَذَابِ يُذَبِّحُونَ أَبْنَاءَكُمْ وَيَسْتَحْيُونَ نِسَاءَكُمْ وَفِي ذَلِكُمْ بَلاءٌ مِنْ رَبِّكُمْ عَظِيمٌ (٤٩)

ثُمَّ عَفَوْنَا عَنْكُمْ مِنْ بَعْدِ ذَلِكَ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ (٥٢)

Demikian artikel singkat Belajar Cepat Hukum Bacaan Idgham Mitslain atau Idgham Mimi Lengkap Dengan Contoh, semoga bermanfaat. Aamiin.

Posting Komentar untuk "Belajar Cepat Hukum Bacaan Idgham Mitslain atau Idgham Mimi Lengkap Dengan Contoh"