Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

1 Jam Belajar Tajwid Cepat Dengan Kitab Syifaul Jinan

Niat Ngaji - Belajar Tajwid dengan Kitab Syifaul Jinan karya Kh.Ahmad Muthohhar ibn Abdurrahman al-Maraqi al-Samarani adalah yang pertama saya dapatkan ketika awal saya mulai belajar Tajwid. Saya merasa, dengan Kitab Syifaul Jinan ini begitu mudah dimengerti dan dipahami.

Terimakasih saya sampaikan kepada seluruh guru-guru saya yang telah mengajari saya, khususnya Alm. H. Alwi Mahmud Kesugihan Cilacap yang telah mengajari saya Kitab Syifaul Jinan sejak usia masih sekolah di Madrasah Ibtidaiyyah, mengajari saya belajar membaca alquran dan pelajaran-pelajaran lainnya.

Tulisan ini saya dedikasikan kepada beliau, dengan harapan menjadi ilmu yang bermanfaat tidak hanya bagi saya, tapi juga bagi seluruh umat manusia khususnya umat Islam yang hendak belajar Ilmu Tajwid dengan menggunakan Kitab Syifaul Jinan.

Namun begitu, penjelasan-penjelasan yang akan saya sampaikan dalam tulisan ini, tidak serta-merta hanya dari Kitab Syifaul Jinan saja, saya juga menyertakan dari beberapa sumber lain, misalnya buku atau dari sumber website yang dapat dipercaya.
belajar tajwid mudah dasar online lengkap mp3 download youtube pdf anak al quran idgham dan tahsin untuk sd alquran dengan beserta contohnya ikhfa yang benar ustadz ulin nuha baca iqro apk awal a i u ba fatihah abu rabbani aisar qur'an hukum mad aplikasi asas alif lam arab rasm utsmani bacaan bagi pemula bahasa sunda bi bu bab indonesia bersama ustaz zamri bersanad bandung basic bergambar berwarna bekasi cepat cara tajwid.com chm membacanya dgn ilmu tips cinta contoh bacaannya dalam membaca makhraj lagu dari makhorijul huruf di nol hukumnya exe ebook full flash version secara santai facebook fardhu kifayah free software fauzan surah panduan filetype faedah fungsi video ghunnah gambar gratis ghorib wajibul game games hijaiyah hamzah washal harakat hukum2 sifatul hassan azhari sifat idzhar halqi nun mati tanwin mim iqlab idhar interaktif ppt jogja juz amma jakarta tempat jom kolkolah kilat komplit kitab ketika haid keutamaan kepentingan kewajiban kursus kelas kesimpulan komunitas kartun kelebihan kaedah lebih lanjutan ldii latin lwngkap metode ummi thobi'i asli menyenangkan badal mp4 malaysia mengaji usmani qiroati iwad sukun nu masjid negara nota otodidak percuma whatsapp offline objektif praktis panjang pendek powerpoint permulaan paling pc pengucapan qalqalah - part 1a (penuturan hijaiah) ringkas rumaysho radio rodja resam uthmani rumah ro rumus ringkasan singkat surat baqarah sambil bernyanyi sesuai sunnah sebutan sederhana mulk sendiri bermain simple salaf maun tanda berhenti tentang telegram terlengkap tartil terbaik yufid tv tpa tujuan don ust via wa waqaf warna wajib www.belajar website

Pengertian Ilmu Tajwid

Secara bahasa, Akar ilmu Tajwid, Asal Kata Tajwid yaitu dari kata Bahasa Arab جَوَّدَ - يُجَوِّدُ - تَجْوِيْدًا ikut wazan taf’iil yang berarti membuat sesuatu menjadi bagus.

Menurut sederhana saya, Ilmu Tajwid adalah ilmu yang mempelajari ara membaca Al-quran dengan baik dan benar. Ya itu saja, membaca Alquran yang penting bacaannya baik dan benar menurut kaidah-kaidah yang sudah ditentukan.

Pasal-pasal Ilmu Tajwid dalam Syifaul Jinan

Bab Muqaddimah

Pada bab ini, merupakan pendahuluan yang disampaikan penulis, berisi pujian rasa syukur terhadap Allah SWT serta shalawat Nabi.

Disamping itu dalam bab muqaddimah Syifaul Jinan ini, juga berisi harapan penulis terhadap orang-orang yang belajar Ilmu Tajwid dengan Kitab Syifaul Jinan agar mendapatkan ridho dari Allah SWT.

Bab Hukum Tanwin dan Nuun Mati (sukun) bertemu Huruf Hijaiyyah

Pada Bab ini, dalam Syifaul Jinan anda akan mempelajari Hukum bacaan yang terjadi ketika ada tanwin atau nuun mati/ sukun kemudian diikuti salah satu huruf hijaiyyah.

Pada bab ini anda akan mempelajari 5 hukum bacaan, yaitu:
- Hukum Bacaan Idzhar
- Hukum Bacaan Idghom Bighunnah
- Hukum Bacaan Idghom Bilaghunnah
- Hukum Bacaan Iqlab
- Hukum Bacaan Ikhfa

Bab Hukum Miim dan Nuun Bertasydid dan Miim Mati/ sukun

Hukum miim dan nuun bertasydiid yaitu:
- Hukum Bacaan Ghunnah

Hukum Bacaan miim mati/ sukun:
- Hukum Bacaan Ikhfa Syafawi
- Hukum Bacaan Idghom ma'al ghunnah
- Hukum Bacaan Idzhar Syafawi

Bab Idghom

Pada bab hukum bacaan idghom, anda akan mempelajari bacaan-bacaan berikut ini:
- Hukum Bacaan Idghom Mitslii
- Hukum Bacaan Idghom Jinsi

Bab Alif lam ta'rif dan alif lam fi'il

Pada Bab ini, yang akan anda pelajari adalah:
- Hukum Bacaan alif lam qomariyah
- Hukum BacaanSyamsiyah

Bab Huruf Tafkhim dan qalqalah 

Pada bab ini akan anda pelajari dari Kitab Syifaul Jinan adalah:
- Hukum Bacaan Tafkhim
- Hukum Bacaan Tarqiiq
- Hukum Bacaan Qalqalah

Bab Huruf Mad dan Pembagiannya

Hukum bacaan maad yang akan anda pelajari di Kitab Syifaul Jinan adalah meliputi:
- Hukum Bacaan Mad Thabi'i/ mad asli
- Hukum Bacaan mad Far'i

Itulah materi-materi yang akan anda pelajari dalam Kitab Syifaul Jinan, 1 Jam mungkin selesai membaca seluruh materinya, tapi untuk bisa memahaminya, saya rasa butuh waktu yang lebih lama.

Jika masih ada yang kurang, saya mohon maaf dan mohon koreksinya.

Posting Komentar untuk "1 Jam Belajar Tajwid Cepat Dengan Kitab Syifaul Jinan"